Selasa, 03 April 2012

Bagian-bagian Mainboard


Bagian-bagian Mainboard ( Pengertian dan Fungsinya )

 


Kebanyakan orang biasanya hanya bisa menggunakan computer tanpa tau komponen-komponen di dalamnya untuk itu jika para sahabat artikel tidak ingin seperti kebanyakan orang tersebut, maka simaklah bagian-bagian mainboard :
Chipset
Chipset adalah  IC yang memiliki ukuran  yang kecil di dalam minboard,  Chipset ini  dapat dikatakan memiliki fungsi seperti halnya  polisi lalu lintas pada papan induk (motherboard), karena ia lah yang mengatur dan mengarahkan aliran data untuk menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Computer (PC).
Fungsi Chipset :
1.  Chipset berfungsi mengatur  data dari CPU ke kartu grafis (VGA) dan sistem memori (RAM).
2.  Chipset berfungsi  untuk   menentukan kecepatan dari front side bus, bus memory dan bus grafis, serta kapasitas dan tipe memori yang di dukung motherboard.
3.  Chipset berfungsi  mengarahkan aliran data melalui bus PCI, drive IDE dan port I/O serta menentukan standar IDE juga tipe port yang didukung oleh sistem.

 
IDE (Integrated Drive Electronics)
IDE adalah sebuah komponen sepertihalnya stop kotak dalan instalasi instalasi listrik yang mana IDE memiliki fungsi i untuk menghubungkan hardisk, CDROM, dan drive tape pada sebuah PC.
L2 Cache
Umumnya terdiri dari chip SRAM yang terletak di dekat processor. Meskipun demikian, processor Athlon generasi terbaru memiliki L2- Cache on chip. Fungsinya sama dengan Ll Cache, L2 Cache dikenal juga dengan nama secondary cache, adalah memori yang memiliki urutan latency terkecil kedua (tipe memori yang paling kecil latencynya  adalah Ll Cache) yang disediakan untuk microprocessor.
ZIP Socket (Zero Insertion Force Socket)
Sebuah Socket yang didesain oleh Intel. Kegunaannya adalah memudahkan pemasangan chip PGA (Pin Grid Array), sehingga praktis tanpa bantuan alat lain.

FSB (Front Side Bus)
Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memori utama. Dan juga digunakan untuk mengkomunikasikan antara processor dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan)
Komponen CPU yang dipakai untuk meminimalisasi panas, biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan aktif sebagai pengusir panas dariheatsink. Dengan chipset yang tetap dingin,akan meningkatkan performa kerja komputer.
Socket
Hampir sama dengan slot, hanya saja berupa dudukan processor, berupa hamparan matriks dua dimensi. Masing-masing produsen dan jenis processor memiliki jumlah pin yang berbeda. Misal: Socket A (462 pin), Socket 754, Socket 939, Socket AM2 (940 pin),
SocketAM2+ pada processor AMD.
Integrated Graphic Controller
Biasa disebut IGP (Integrated Graphic Port) oleh sebagian chipset manufaktur. Adalah chip grafts yang terintegrasi di dalam chipset motherboard dan memiliki fungsi yang sama seperti halnya video card. Bedanya, kebanyakan IGP tidak memiliki memori yang khusus untuk dirinya dan mengambil langsung dari memori komputer utama.Walau pada sebagian produsen juga mengimplementasikan chip memori khusus untuk IGP ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Followers